Cari Blog Ini

Memuat...

Sabtu, 15 Januari 2011

Aplikasi Teknologi Informasi Dalam Bidang Kesehatan & Kedokteran

Didalam ilmu kesehatan ternyata ada hubunngannya dengan bidang komputer informasi. Dari sejarahnya tak lepas, ternyata ada juga perkembangan informatika kedokteran,ada juga informatika berhubungan dengan perkembangan komputer. Informatika tidak sama dengan ilmu komputer, walaupun perkembangan tentang informatika sekarang ini maju sangat pesat dan komputer adalah alat bantu yang paling utama. Bidang ilmu informatika kedokteran sama dengan ilmu kesehatan yaitu mengenai data dan informasi dan mengenai pengetahuan biomedik. Beberapa bidang terapan informatika kedokteran adalah Bioinformatika dll.

Pemanfaatan komputer dalam kesehatan ini berawal dari otomatisasi di bidang administatif, dilanjutkan dalam produktivitas secara departemant. misalnya d dalam laboratorium pada pemberdayaan dalam kesehatan.
Beberapa aplikasi informatika kedokteran ini yaitu dalam bioinformatika, pembelajaran komputer bagi siswa dan kesehatan kedokteran, serta kesehatan berbasis internet bagi siswa.Bioinformatika dinyatakn sebagai kreasi dalam perkembanganteknologi dan komputasi untuk permasalahn molekul secara sederhana sebagai teknologi memanfaatkan komputer untuk penyimpanaan.

Perkembangan bioinformatika mencakup dua bidang yaituperkembangan alat komputasi dan basis data, pengembangan alat mencakup pembuataan perangkat lunak untuk analisis struktural, sekuens dan fungsional.
Pembelajaran berbasis komputer bagi siswa sangat pesat dalam kesehatan dan kedokteran, sebenarnya bagian dari telehalth dapat di lakukan melalui komputer dan internet atau jaringan komunikasi digital.

Teknologi Informasi di bidang kesehatan atau kedokteran komputer juga telah memperlihatkan peran yang sangat signifikan untuk menolong jiwa manusia, dan riset di bidang kedokteran. Komputer digunakan untuk mendiagnosis penyakit, menemukan obat yang tepat, serta menganalisis organ tubuh manusia bagian dalam yang sulit dilihat. Teknologi informasi berupa Sistem Computerized Axial Tomography (CAT) berguna untuk menggambar struktur bagian otak dan mengambil gambar seluruh organ tubuh yang tidak bergerak dengan menggunakan sinar-X. Sedangkan untuk yang bergerak menggunakan sistem Dynamic Spatial Reconstructor (DSR) yang dapat digunakan untuk melihat gambar dari berbagai sudut organ tubuh.


Single Photon Emission Computer Tomography (SPECT), merupakan sistem komputer yang mempergunakan gas radioaktif untuk mendeteksi partikel-partikel tubuh yang ditampilkan dalam bentuk gambar. Bentuk lain adalah Position Emission Tomography (PET) juga merupakan sistem komputer yang dapat menampilkan gambar yang menggunakan isotop radioaktif. Selain itu Nuclear Magnetic Resonance merupakan teknik mendiagnosis dengan cara memagnetikkan nucleus (pusat atom) dari atom hidrogen.
Saat ini telah ada temuan baru yaitu komputer DNA, yang mampu mendiagnosis penyakit sekaligus memberi obat. Ehud Shapiro beserta timnya dari institut Sains Weizmann, Rehovot, Israel, telah membuat komputer DNA ultrakecil yang mempu mendiagnosis dan mengobati kanker tertentu. Komponen penyusun komputer DNA adalah materi genetik yang diketahui urutan basanya. Seperti diketahui bahwa urutan gen secara intrinsik mempunyai kemampuan inheren untuk mengolah informasi layaknya komputer. Oleh karena itu trilyunan mesin biomolekul yang bekerja dengan ketepatan lebih dari 99,8% itu, dapat dikemas dalam setetes larutan. Komputer DNA menggunakan untai nukleotida sebagai masukan data, dan molekul biologi aktif sebagai larutan data dapat menghasilkan sistem kendali logis dari proses-proses biologi. Mesin ini bahkan mampu mengerjakan soal-soal matematik.

1 komentar: